Madu Murah Berkualitas

Madu Murah Berkualitas

Madu Murah Berkualitas Dari Pati | Madu Lebah Berkualitas

Madu Daerah Pati

Pati merupakan daerah yang sangat cocok untuk pengembangan ternak madu, tak salah bila mempunyai slogan Mina Tani.

Nektar bunga dari berbagai tanaman hampir semuanya ada di sini , mulai dari mangga, rambutan ,kelengkeng,karet, kayu putih,dan randu.

Madu daerah Pati yang paling banyak dicari adalah madu nektar bunga randu, atau lebih populer disebut dengan madu randu.

Dengan aroma yang khas dan kuat dengan nektar randu menjadikan madu randu sering dicari, baik dari Pati sendiri maupun kota² di luar Pati.

Harga Madu Asli Pati | Madu Daerah Pati

Harga Madu di Pati sangat bervariatif. Kwalitas madu sangat menentukan harga. Madu organik menjadi madu dengan harga tertinggi sampai saat ini di kalangan madu hasil ternakan, karena kwalitasnya yang memang di atas yang lainnya. Namun bukan berarti madu selain organik kwalitasnya kurang baik, tetap baik walaupun ada satu sisi faktor yg menyebabkan madu organik sedikit ada di atasnya.Untuk madu great A menjadi primadona karena harga sangat terjangkau walaupun untuk kualitas sedikit di bawah madu organik.

Selanjutnya untuk kemasan juga sangat berpengaruh. Banyak pedagang madu yang menggunakan botol, khususnya botol sirup marjan dan banyak dari konsumen yang kurang paham bahwa ada 2 jenis botol yaitu botol ukuran kecil dan besar, sehingga membuat harga berbeda. Kelemahan memakai botol, saat pengiriman luar kota harus diganti dengan jerigen plastik di semua ekspedisi, dan ini berpengaruh pada ongkos pengiriman madu tersebut.
Jadi untuk lebih aman adalah pembelian langsung dengan jerigen , mulai dari kemasan 1kg.

Madu Perhutani Pati |Mitos Membedakan Madu Asli dan Palsu

Di daerah Pati sendiri terdapat peternakan lebah madu yang dikelola oleh pihak perhutani sendiri, maupun sistem kerjasama dengan masyarakat sekitar.Hal ini memberikan dampak yang signifikan bagi ketersediaan madu dari daerah Pati.Sehingga menjadi mudah ditemukan di daerah Pati madu murah berkualitas.

Dalam masyarakat dewasa ini banyak berkembang mitos – mitos tentang bagaimana sebenarnya keaslian madu itu sendiri dengan menggunakan metode metode yang sebenarnya belum bisa dikatakan valid.Ada beberapa di sini yang bisa dijadikan untuk referensi namun bukan berarti keliru sama sekali tapi setidaknya bisa membuat kita lebih paham tentang madu.

1. Menjadikan indikator semut terhadap murni tidaknya madu

Ada yang mengatakan
“madu murni itu tidak disukai semut” dan sebaliknya
‘madu murni disukai semut”

Pada dasarnya semut itu menyukai rasa manis termasuk madu. Bahkan, semut sudah berusaha mendapatkan madu semenjak masih di sarangnya. Ini lah yang menjadikan semut salah satu hama utama bagi lebah dan peternak.

Namun kenapa ada semut yang tidak menyukai madu ?

Penyebab utamanya adalah Jenis Nektar yang dihisap lebah. Ada nektar yang disukai jenis semut tertentu dan ada pula nektar yang tidak disukai jenis semut tertentu.

Semut tuh punya selera juga gaes..

Contoh, semut merah besar sangat menyukai sarang lebah Trigona atau semut hitam kaki panjang menyukai madu hutan.

Penyebab kedua yaitu Viskositas madu atau kekentalan madu.

Semakin kental madu, semakin sulit dihisap belalai semut. Oleh karena itu, semut lebih suka madu yang encer.

2. Mitos madu murni tidak menyebar saat dituang dalam air

Kenyataannya madu murni yang kadar airnya diatas 24% akan terlihat menyebar saat dituang dalam air. Ini masalah kekentalan. Bila madu encer karena kandungan airnya yang tinggi tentulah akan mudah bercampur dengan air bila dituang ke dalamnya.

 

3. Mitos madu murni tidak membeku

Benarkah madu murni tidak membeku atau mengristal saat disimpan dalam kulkas/freezer ? Kenyataannya, setiap madu murni memiliki kandungan air, jika dimasukkan ke dalam kulkas maka madu murni akan bertambah kental. Sebagian madu murni dari sumber nektar tertentu seperti bunga karet dan nektar durian atau sejenisnya, lama kelamaan akan mengkristal meskipun tak disimpan dalam kulkas.

4. Mitos madu murni sesuai SNI

Kenyatannya SNI tidak dapat dijadikan standar madu murni sepenuhnya. Contoh, berdasar SNI maksimal kadar air madu hutan adalah 22%, nyatanya di lapangan kadar air madu hutan rata-rata diatas 22% bahkan ketika musim hujan bisa diatas 24%.

5. Korek api yang dicelupkan ke dalam madu asli masih bisa menyala

Madu tidak sama dengan air. Menyelupkan korek api ke dalam madu tidak akan membuat korek api menjadi basah seperti basah tercelup dalam air, jadi wajar jika korek api masih dapat menyala. Lagi pula tetap tergantung pada kadar air madu, semakin encer atau kadar air tinggi maka korek api akan basah dan tidak akan menyala.

6. Kertas koran ditetesi madu asli tidak akan tembus

Pernahkan anda menguji meneteskan larutan gula pekat yang kepekatannya sama dengan madu? Hal yang sama akan terjadi.

7. Madu yang dituangkan ke dalam piring berisi air dan diputar/digoyangkan akan membentuk motif sarang lebah / hexagonal

Pengujian seperti ini juga tidak benar, karena cairan gula atau sirup kurma bahkan kecap yang kental juga akan membentuk motif sarang lebah jika dituangkan dalam piring beirisi air dan digoyangkan atau diputar.

8. Madu asli bisa membuat telur mentah menjadi setengah matang

Hal ini tidak sepenuhnya benar karena produsen madu palsu mengakali dengan menambahkan cuka pada madu sehingga tingkat keasamanya tinggi, hal ini yang menyebabkan kuning telur menjadi setengah matang. Di samping itu, zat dengan konsentrasi gula yang tinggi, bila dicampurkan pada kuning telur maka akan merubah kuning telur menjadi ½ matang atau matang. Baik itu madu asli atau bukan.

Jadi untuk lebih meyakinkan Anda, belilah kepada penjual yang benar benar amanah dan faham tentang seluk beluk madu, sehingga Anda benar-benar mendapatkan madu murah berkualitas.

Dapatkan info menarik tiap harinya
di status wa kami : 085641420484

%d blogger menyukai ini: